Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Menyetel lovebird yang tidak ngotot karena kurang birahi

Yang paling menjengkelkan adalah ketika lovebird tidak bersuara seperti biasanya, selama berbulan-bulan di pantau ternyata lovebird benar-benar tidak memiliki semangat berkicau kembali, jangankan untuk ngekek, untuk sekedar basa-basi berkomunikasi dengan lovebird lain pun mereka seperti malu-malu.
lovebird kurang birahi

Penyebab lovebird macet bunyi itu banyak salah satunya setingan birahi yang tidak tepat, jika anda ingin membaca beberapa penyebab lovebird macet bunyi silakan membaca disini.

Setelah membaca artikel itu, ternyata lovebird yang kurang birahi juga termasuk dalam beberapa faktor lovebird males bunyi. Memang ini dampak dari perawatan lovebird yang kurang benar, padahal lovebird yang berusia 5-7 bulan seharusnya sudah cukup memiliki mental dan birahi untuk menunjukan performanya.



Ada yang mungkin bertanya, kenapa lovebird saya dirumah ngoceh mulu tapi saat dilapangan malah tidak bekerja? hal ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya birahi, lovebird yang kurang birahi di tandai mereka kurang ngotot dan berani sehingga mentalnya jatuh ketika bertemu lovebird lain.


Ada baiknya jika perubahan pakan dan perawatan kita fokuskan kalo benar lovebird kita kurang birahi, tingkatkan birahi mereka di level normal agar mereka mau bekerja kembali.



 

Perawatan mengatasi lovebird yang kurang birahi

Pakan - Seperti yang ditulis di atas, lovebird yang kurang birahi perlu di geber dengan perubahan pakan yang akan meningkatkan birahinya.
  • Berikan pakan yang mengandung protein hewani tinggi hal ini akan meningkat birahi lovebird dengan cepat, misalnya seperti eggs food atau alternatifnya berikan mereka kuning dari rebusan telur puyuh yang dicampur bersama milet.
  • Pakan peningkat birahi lain adalah kuaci, kangkung dan sawi.
Perawatan harian - Perawatan rutin yang di terima lovebird juga tak kalah pentig untuk menjaga birahinya tetap berada di level normal. Tmabahkan langkah perawatan di bawah ini agar performa lovebird kembali seperti semula.
  • Lebih sering memandikan lovebird, ini bisa dilakukan pagi sekali dan sore sebelum senja. ( baca: manfaat ritual memandikan lovebird )
  • Penjemuran rutin dan sering ikut latberan dengan teman komunitas terdekat, ini akan melatih mental lovebird terlebih lagi jika kita ingin memprospek lovebird muda yang notaben mental mereka kurang bagus.
Lalu bagaimana melihat jika birahi lovebird sudah meningkat? lovebird yang birahinya bagus akan menyilangkan sayapnya jika melihat lovebird lain. Hal lain, lovebird yang birahinya sudah tersetel akan sensitif jika mendengar suara lovebird lain, biasanya mereka akan membalas sautan.

Sekian artikel ini dibuat, semoga dapat bermanfaat untuk lovebird lovers semua.

Baca juga


No comments:

Post a Comment