Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Pedoman anda untuk sukses beternak burung kenari

Ternak burung kenari memang menjajikan berdasarkan finasial ataupun hanya sekedar hobi-hobian. Eksistensi burung kenari sedang hangat-hangatnya di indonesia sekitar tahun 2014 sampai sekarang ini, burung ini telah memukau banyak pencinta burung di indonesia bahkan didunia.

Malah, sebelum burung kenari pamor di indonesia sebenarnya burung ini telah menjadi burung fenomenal di eropa, di inggris saja beberapa kota disana menjadikan ikon kota dengan gambar burung kenari. Contohnya saja kota norwich, selain menjadi ikon kota, burung kenari norwich juga menjadi lambang kesebelasan norwich city yang sering kita saksikan pertandingannya di tayangan liga inggris.



Kenari lokal pun tidak kalah pamor dengan kenari import, beberapa kenari lokal memiliki kemampuan yang mempuni untuk bersaing dengan kenari import. Persilangan antara kenari lokal dan import juga di percaya akan membuat varian kenari yang lebih gaco. Terhitung pencinta kenari melebih pencinta burung lain, inilah yang menjadi alasan peternak kenari untuk merauk rezeki dari burung satu ini.

Artikel ini bisa menjadi pedoman anda untuk sukses beternak kenari, sebelum mengetahui cara ternak kenari bagusnya anda membuat perencanaan apa saja yang perlu untuk disiapkan dan butuhkan sebelum melakukan ternak kenari.

Lakukan perencanaan sebelum memulai budidaya kenari

Apa saja yang anda perlu siapkan? mari kita bahas bersama.

Pelajari dulu tahap-tahap beternak kenari - Karena menjanjijakannya keuntungan ternak kenari mungkin membuat orang terburu-buru langsung beternak padahal informasi yang di dapat belum cukup untuk melakukannyam, proses yang perlu dilakukan akan kita bahas nanti di bawah subjudul ini.

Uang - Banyak yang perlu anda beli dan semuanya memerlukan uang. Semakin banyak pasangan kenari yang dibeli, makin baik jenis kenari yang ingin di ternak juga akan menambah modal yang diperlukan. Misalnya modal awal untuk peternak kenari lokal dan yorkshire pasti sangat berbeda, jadi kenali juga jenis kenari apa yang ingin anda ternak, berapa harga jenis kenari itu ( silakan baca harga kenari terupdate disini ), Modal lain seperti untuk pembelian sangkar, pakan, vitamin dan aksesoris.

Lokasi - Lokasi juga penting, mengingat kenari harus berada di lokasi yang tenang saat di ternakan, jika anda menggunakan rumah anda sebagai lokasi ternak, yang sering menjadi pertanyaan apakah lingkungan sekitar menerima aktifitas anda beternak? jika tidak maka anda perlu menyiapkan dana tambahan untuk menyewa tempat untuk beternak.

lokasi ternak kenari


Setelah hal diatas telah di lakukan barulah sekarang saat kita dalami bagaimana cara ternak kenari yang bisa menjadi pedoman untuk anda yang berencana menjadi peternak kenari.

Berikut ini adalah pedoman cara ternak kenari 

Langkah yang dibutuhkan pada awal adalah anda perlu tau yang mana kenari jantan dan betina, lalu masuk ke proses penjodohan dan perkawinan, oke mari kita jabarkan bersama.

Bedakan mana kenari jantan dan mana yang betina

Untuk pemula ini mungkin akan terasa sulit, kalo menurut saya cara jitu memastikannya adalah dengan melihat dan meraba alat kelamin burung ini, burung kenari jantan memiliki alat kelamin memanjang dan sedikit lebih tajam seperti pensil, sedangkan burung kenari betina memiliki kelamin yang menonjol bulat tidak memanjang seperti jantan. Sebenarnya masih banyak metode yang digunakan untuk memastikan mana kenari jantan dan betina anda dapat membacanya di referensi link tertaut berikut. ( baca lengkapnya : cara membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina )

Masuk ke proses penjodohan

Sebelumnya apakah anda mengetahui umur kenari yang baik untuk memulai proses penjodohan dan perkawinan? kenari betina akan mengalami puberitas pada umur 6 bulan dan kenari jantan akan mengalaminya juga saat umurnya 8 bulan, tetapi sebenarnya proses kawin dan penjodohan bagus jika dilakukan pada saat umur keduanya mencapai 8 - 9bulan, karena pada umur demikian kedua kenari akan mengalami tingkat kesuburan terbaik, ini untuk menghindari telur kenari tidak menetas atau anak kenari yang cacat.

cara menjodohkan kenari


Setelah itu kita masuk ke proses penjodohan, kenari dapat dijodohkan dengan mendekatkan sangkar kenari jantan dan betina berdekatan, sangkar dapat di gantangkan bersama atau satukan kenari disangkar umbaran dengan memberikan skat, jika kenari terlihat berjodoh selama 3-4 hari anda dapat menyatukan mereka dalam satu kandang tanpa skat. ( baca lengkapnya: Langkah yang diperlukan untuk menjodohkan kenari )

Kenari telah kawin

Setelah terlihat berjodoh barulah kenari siap dikawinkan, ambil kenari jantan dan masukan ke kandang kenari betina, jangan terbalik, kenapa? karena jika kenari betina yang masuk ke kandang kenari jantan, sang jantan yang memiliki jiwa teritorial akan menyakiti betina ini mungkin jika dibiarkan betinanya bisa saja mati.

Kenari yang berjodoh setelah disatukan terlihat mereka akan saling melolohkan pakan tampak seperti berciuman, jika birahi mereka memuncak maka proses perkawinan akan berlangsung. Untuk mendapatkan hasil terbaik, setelah anda melihat pasangan kenari ini kawin, segera pisahkan mereka dengan mengambil kenari jantan di kandang terpisah kembali, tunggu selama 2 jam lalu masukan kenari jantan ke kandang kembali. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas terbaik dari sperma si pejantan.

Pengeraman dan penetasan

Saran saya jangan pisahkan kenari jantan dari sangkar, biarkan mereka selalu bersama hal ini dilakukan agar kenari jantan dapat melolohkan pakan kenari betina sehingga sang betina tidak sering meninggalkan sangkar untuk mencari makan.

Ketika 14 hari telur akan menetas dan bayi kenari akan muncul, yang hanya anda perlu lakukan adalah menyiapkan semua kebutuhan kenari tetap ada, misalnya pastikan pakan, vitamin dan air tetap tersedia untuk mereka, kenari akan membutuhkan porsi makanan lebih besar dari sebelumnya saat mereka merawat anakan yang baru menetas.

Beberapa merk menawarkan pakan yang dikhususkan untuk anda yang sedang beternak kenari sampai proses penetasan, pakan untuk anakan dan pakan lolohan juga tersedia.

Oke sekian artikel tentang pedoman untuk beternak kenari semoga ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi peternak kenari. 



No comments:

Post a Comment