Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Simak pilihan pakan harian dan ekstra fooding untuk pleci

Jika saat ini anda sedang memelihara pleci, pasti harus mengetahui jenis pakan apa saja yang cocok untuk peliharaan anda. Jangan sampai karena salah memberikan makanan mengakibatkan burung Pleci menjadi sakit atau justru mati. Hal ini tentu tidak diharapkan bukan? Untuk itu, kami berikan ulasan mengenai jenis pakan burung pleci yang bagus untuk diberikan kepada jenis burung ini.



Umumnya makanan atau pakan burung Pleci sebagian besar adalah buah-buahan dan sayur karena kedua bahan ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan pleci.

Selain untuk mempertahankan hidup dan sumber energi, beberapa jenis makanan ini juga dapat memberikan manfaat lain, misalnya kandungan protein pada beberapa pakan yang mendung protein akan mengangkat birahi pleci yang tujuannya agar memancing pleci untuk berbunyi, lalu buah dan sayuran yang digunakan untuk memenuhi nutrisi dan sebagai sumber pakan diet burung pleci. Nah untuk mendapatkan ulasan lengkapnya mari kita bahas bersama-sama apa sajakah jenis pakan atau extra fooding yang bagus untuk diberikan kepada pleci lalu apa saja manfaat yang akan pleci dapatkan.

Pilihan jenis pakan dan ekstra fooding untuk pleci 

1. Voer

Kebutuhan pakan yang mengandung protein memang sangat dibutuhkan burung, seperti banyak burung lain pleci juga membutuhkan pakan kering seperti voer untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tetapi tidak semua voer berkualitas bagus ada dipasaran, banyak voer dengan kualitas standard hanya mengandung sedikit nutrisi dan terlalu banyak karbohidrat yang hanya membuat pleci gemuk.

pakan voer untuk pleci


2. Ulat Hongkong

Ulat hongkong adalah salah satu pilihan terfavorite dari burung pemakan serangga, ulat hongkong dipercaya dapat meningkatkan stamina burung, oleh karena itu sangat di anjurkan memberikan ulat hongkong untuk mempersiapkan pleci yang akan mengikuti lomba. 

pakan ulat hongkong untuk pleci


3. Kroto

Sumber protein hewani terbaik menurut banyak orang adalah kroto, kroto dapat meningkatkan birahi pleci tetapi dengan kadar yang tepat jangkrik akan mempercepat pleci buka paruh dan ngalas. Berikan kroto 1/2 sendok teh sehari untuk mendorong birahi kicauan pleci itu sendiri. ( Baca: formula khusus membuat pleci cepat buka paruh )

4. Jangkrik

Seperti kebanyakan burung pemakan serangga, pleci juga membutuhkan jangkrik untuk meningkatkan stamina dan kualitas suara mereka. Banyak orang percaya jika jangkrik akan membuat suara pleci lebih lantang, tetapi ada banyak kasus pleci dirumah mereka tidak menyukai jangkrik, oleh karena itu sajikan jangkrik sejak dini agar pleci terbiasa memakan jangkrik.



Jangkrik mengandung 60% protein, lemak, karbohidrat, asam amino, hormon stretoid dll, tetapi jangkrik juga dapat menyebabkan pleci over birahi oleh karena itu kita perlu tau takaran yang tepat untuk mendapatkan hasil sempurna.

4. Apel Merah

Meski terbilang agak mahal dibandingkan buah lain, buah yang satu ini baik diberikan kepada burung Pleci karena memiliki banyak manfaat. Kandungan air dalam apel merah dapat memenuhi kebutuhan air pada burung Pleci akibat sering terkena sinar matahari dan cuaca yang panas sehingga dehidrasi dapat dicegah.

apel untuk pleci


Tingginya antioksidan juga berperan dalam peningkatan daya tahan tubuh pada burung Pleci, terlebih jika burung dalam keadaan tingkat stress yang tinggi. Apel merah dapat diberikan sebagai variasi makanan untuk burung Pleci anda dirumah, akan sangat baik jika diberikan pada saat cuaca panas.

5. Pisang Kepok

Buah pisang adalah jenis makanan burung Pleci yang paling sering diberikan karena selain harganya murah dan mudah didapat, pisang juga banyak mengandung Vitamin A dan karbohidrat, 2 kandungan zat ini tentu baik bagi perkembangan burung Pleci.

pisang kepok untuk pleci


Dari sekian banyak jenis pisang, Pisang Kepok adalah yang paling bagus untuk burung Pleci. Pisang Kepok tidak mudah busuk, setidaknya dapat bertahan selama 2 hari. Pilih pisang yang sudah matang agar memudahkan burung saat memakannya, hal ini karena tekstur pisang yang matang lebih lembut sehingga tidak mengganggu pencernaan burung. Usahakan tetap menjaga kebersihan makanan dengan mencuci pisang terlebih dahulu.

6. Pepaya

Variasi makanan lainnya yaitu dengan memberikan buah pepaya untuk burung Pleci. Pepaya yang banyak mengandung vitamin dan mineral akan memberikan nutrisi yang cukup. Jika burung Pleci sedang mengalami stress dan gangguan pencernaan, maka berikan pepaya setiap hari sebagai salah satu terapi untuk menghilangkan masalah tersebut.



7. Sawo

Buah musiman yang satu ini juga dapat dijadikan makanan untuk burung Pleci, namun jangan terlalu sering memberikannya sebagai makanan, cukup 1 kali seminggu. Sawo dapat merangsang burung Pleci agar mengeluarkan suara. Berikan sawo yang telah matang dengan tekstur yang tidak terlalu keras, serta pisahkan dengan getahnya.

8. Tomat

Sama halnya dengan sawo, tomat hanya baik dimakan oleh burung Pleci 1 minggu sekali saja. Kandungan vitamin C dalam tomat dapat meningkatkan sistem imun dan menjernihkan suara burung Pleci.

9. Jeruk

Buah jeruk merupakan jenis pakan burung Pleci yang baik untuk mentralisir racun serta memberikan efek dingin saat cuaca sedang panas. Selain itu sangat bagus untuk melancarkan pencernaan.

10. Mentimun

Manfaat mentimun sebagai makanan burung Pleci adalah mampu mengatasi burung yang sedang dalam keadaan mabung dan berkhasiat bagi tumbuhnya bulu yang kuat dan sehat.

11. Lengkeng 

Buah lengkeng yang manis sangat baik untuk meningkatkan stamina burung Pleci yang sedang dalam kondisi lemah dan stress. Dengan mengkonsumsi lengkeng, energi akan cepat pulih dan mabung dapat teratasi.

12. Wolfberry

Buah wolfberry atau yang disebut juga dengan gojiberry ini bisa anda beli di supermarket karena merupakan buah import sehingga agak sulit mendapatkannya. Wolfberry akan membuat burung Pleci lebih sering mengeluarkan bunyi dan membuka paruh, serta menjadikannya lebih aktif. Tak ada salahnya jika sesekali anda memberikan buah ini bagi burung peliharaan anda.



13. Wortel

Manfaat wortel sebagai salah satu jenis pakan burung Pleci sama halnya dengan mentimun, yaitu dapat membantu pertumbuhan bulu lebih indah, cerah dan berkilau. Sangat baik diberikan bagi burung Pleci yang memiliki bulu kusam dan tipis.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Terima kasih

No comments:

Post a Comment