Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

3 Cara berhasil menjinakan burung cucak ijo liar

Dibandingkan burung lain si cucak ijo memang terbilang lebih sulit dijinakan karakternya yang bandel membuat banyak pemiliknya geleng-geleng kepala, padahal membuat cucak ijo jinak dipercaya sebagai langkah awal membangun karakter tarung mereka.



Makanya entah cucak ijo kita berasal langsung dari hutan atau kita dapatkan dengan membelinya dipedagang, biasanya cucak ijo masih memiliki karakter alamnya yang giras. Oleh karena itu mari kita bahas bersama trik khusus membuat cucak ijo kesayangan kita dirumah jinak.

Cara menjinakan cucak ijo giras

 1. Merawatnya saat masih piyik: cara praktisnya memang kita harus merawat mereka dari piyik, pisahkan anakan dari induknya saat berumur 1 minggu agar anak burung mengenal manusia sebagai teman dari saat mereka masih kecil. Hal ini terbilang cara paling bagus untuk membentuk karakter cucak ijo yang friendly terhadap manusia.

2. Lingkungan: Biasakan mereka bertemu dengan manusia, hal ini bisa disiasati dengan menempatkan mereka di keramaian. Misalnya beberapa orang menggantung mereka di ruangan yang sering dilewati anggota keluarga dirumah atau sengaja menempatkan mereka di luar rumah yang dilalui banyak kendaraan.

Setelah mereka sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan, mereka tidak akan sungkan untuk berkicau di lingkungan yang ramai hal ini lah yang diinginkan kita untuk meningkatkan mental mereka dilapangan.

3. Pancingan saat mereka lapar: saat mereka lapar apapun akan mereka lakukan, begitulah karakter banyak burung menurut banyak orang. Sebenarnya, hal ini bukan saja metode yang digunakan pada burung tetapi binatang lain juga seperti anjing dan bahkan binatang karnivora berbahaya lain.

Makanya saat cucak ijo tertidur misalnya jam 10 malem bergegas lah untuk mengosongkan tempat makan, biarkan air minum tetap ada agar cucak ijo tidak dehidrasi.

Saat anda melihat cucak ijo sering berada di bawah sangkar untuk mencari sisa-sisa pakan yang terjatuh maka bisa di pastikan cucak ijo sudah lapar, inilah saatnya memancing mereka dengan jangkrik yang berada ditangan anda.

cara menjinakan cucak ijo


Jika memang cucak ijo masih takut lepaskan jangkrik dari tangan anda dan tinggalkan cucak ijo sendiri agar mereka bisa memakanya, ulangi tahap diatas 10 menit kemudian. Ketika cucak ijo merasa anda bukan penggangu maka mereka akan mencoba mendekati anda saat anda mendekat.


Sekian artikel ini ditulis, yang perlu diingat adalah cucak ijo mungkin tidak sama karakternya dengan burung lain mereka sedikit lebih sulit untuk dijinakan, oleh karena itu perlu kesabaran dari kita dalam menerapkan proses di atas. Semoga apa yang ditulis dapat berguna untuk kita semua yang sedang dalam proses penjinakan cucak ijo.

Terima kasih


1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete