Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Cara mudah menjinakan burung pleci agar lebih tenang

Menjinakan pleci bisa dibilang gampang-gampang susah terlebih jika mereka yang berasal dari tangkapan liar di kebun atau di hutan, menjinakan pleci yang giras memang membutuhkan keterampilan yang rutin dari majikannya.


Tidak seperti menjinakan burung lovebird yang lebih mudah karena lovebird memiliki tingkat keakraban emosional yang tinggi kepada majikannya, burung pleci memiliki sifat yang agak merepotkan seperti saat mereka sedang jumpalitan atau kebiasaan mendongkrak kepala ke belakang.   
Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dipraktekan dirumah untuk menahlukan pleci yang giras agar lebih jinak dan tenang.

Cara praktis menjinakan burung pleci

1. Langkah umum yang sering di lakukan banyak pecinta burung saat melakukan terapi mental kepada banyak jenis burung agar jinak adalah menempatkan kandang burung di tempat yang ramai menjadi lalu lalang manusia, misalnya ditempatkan didepan teras rumah, atau di ruang tamu agar intensitas pertemuan dengan manusia bisa lebih sering, hal ini tentu saja juga dapat dipraktekan kepada burung pleci kesayangan anda. 

2. Proses selanjutnya adalah membina keakraban dengan mereka saat mandi, semprot pleci dengan sprayer yang berisi air lalu semprotkan hingga basah kuyub, pada saat terlalu basah pleci akan susah bergerak karena bulu mereka terlalu berat menahan air, ini lah saatnya anda melakukan pendekatan dengan mengusap-usap badan mereka, lakukan hal tersebut setiap kali pleci mandi agar burung ini akan menganggap manusia bukan ancaman.

3. Mengambil pleci saat umur mereka masih sangat muda dari induknya, kira-kira umur 10 harian dan beri mereka makan dengan melolohkan pakan berupa voer yang telah dicairkan atau anda dapat meracik sendiri pakan yang baik untuk bayi pleci. Kemungkinan besar pleci akan menganggap kita sebagai induknya atau mereka merasa kita adalah teman.

4. Saat pleci lapar mereka akan melakukan semuanya, oleh karena itu anda dapat mensiasatinya dengan mengosongkan pakan pleci dalam sangkar selama 40 menit, lalu menyodorkan jangkrik atau kroto ditangan anda. Perhatikan jika pleci memang benar-benar tidak mau anda tidak perlu memaksakanya karena resikonya pleci dapat stress dan kelaparan.


cara menjinakan pleci


5. Kerodong full sangkar pleci selama kurang lebih 3 minggu, selalu perhatikan ketersedian pakan dan minuman. sekitar satu minggu naikan kerodong sedikit demi sedikit secara bertahap sampai 3 minggu terapi.



No comments:

Post a Comment