Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Perawatan SUPER menjaga kacer tetap fit saat mabung

Pasca mabung adalah masa masa ketika burung kacer sangat terlihat menderita, penderitaannya mungkin paling terasa pada segi psikologis nya dimana bulu adalah salah satu lambang jati diri, ya bulu merupakan daya tarik seekor burung mau dia jantan atau betina, belum lagi beberapa kacer senang untuk merapihkan bulu dan perubahan ini akan berdampak negatif ketika bulu-bulu mereka mulai berjatuhan rontok alias mabung.


Kesalahanya para pemain kacer lombaan adalah tetap memaksakan kacer tampil pada saat lomba atau pada saat pelatihan dirumah, padahal pada masa ini seharusnya kacer diistirahatkan total terlepas dari aktifitas sebelumnya. Nah kalo begitu bagaimana kah cara untuk super menjaga kacer tetap saat mabung, mari kita bahas bersama-sama dibawah ini.

Cara merawat burung kacer saat mabung

1. Pakan 
Faktor utama menjaga tubuh kacer dan mempercepat proses mabung adalah pakan, saat mabung burung kacer memerlukan pakan dengan kadar protein yang tinggi karena zat yang diperlukan burung saat mabung berasal dari protein yang disebut keratin. Saran berikan mereka voer ayam dan satu sendok kroto untuk memenuhi kebutuhan proteinya. ( baca: pilihan jenis pakan yang bagus dikonsumsi kacer )

2. Full kerodong dan jangan dijemur
Saat mabung burung kacer tidak butuh sinar matahari, hal ini malah menyakitkan buat dia. Oleh karena itu kita perlu memindahkan mereka ke tempat yang bebas sinar matahari hal ini dilakukan untuk mempercepat proses mabungnya.

kacer mabung
sumber gambar kicaumania.or.id


3. Jangan mandikan kacer
Jangan pernah berpikir saat burung kacer mabung mereka perlu dimandikan, ini keliru jadi jangan pernah lakukan hal ini. Burung kacer bisa dimandikan saat tunas dari bulu-bulu mereka tumbuh bukan pada fase perontokan bulu, tetapi hal ini pun tidak dianjurkan.

4.Kotoran kandang
Sobat tidak harus membersihkan kandang kacer ketika mereka mabung karena kita dapat membiarkan mereka beristirahat, kecuali jika kotoranya terlalu bau dan berjamur. 

Jadi apa yang perlu dilakukan setelah masa mabung telah berakhir agar kacer fit kembali? Mandikan burung sehari sekali, berikan jangkrik sebagai sumber protein agar memancing mereka ngoceh kembali dan lakukan penjemuran minimal 1 jam sehari. 

2 comments: