Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Perawatan ekstra untuk burung pleci saat mabung

Hampir semua burung mengalami masa-masa ini, dimana bulu burung berjatuhan satu persatu dan jati diri burung akan ciut. Inilah juga yang dialami oleh pleci, pada saatnya pleci akan melewati fase moulting atau ngurak lalu mereka akan mengganti bulu lama mereka menjadi baru dan mengkilat.




Pada artikel ini kita akan belajar bagaimana perawatan yang tepat ketika pleci mabung, kenapa membutuhkan perawatan yang benar? karena masa mabung adalah fase yang sangat menyiksa burung, pertama bulu mereka yang menutupi hampir seluruh badan mereka rontok tentu ini akan membuat pleci kehilangan kepercayaan diri mereka. 

Kedua masa perontokan dan masa menumbuhkan bulu baru itu sangat menguras tenaga, jadi mereka memang membutuhkan banyak kandungan protein yaitu keratin saat mabung tetapi tidak semua majikan mengerti hal ini atau ada yang sangat mengerti jika pada saat mabung pleci membutuhkan protein tetapi tidak sesuai takaranya, takaran protein yang sesuai saat burung mabung adalah 20% jadi jika lebih dari itu protein malah membuat birahi burung naik dan mereka akan sering berkicau ini pun juga tidak baik.



Jadi apa yang mesti kita lakukan? sebenarnya setiap orang punya cara-cara yang berbeda dalam penanganan pleci saat mabung, disini saya hanya berbagi apa yang saya lakukan selama ini untuk mempercepat proses mabung burung pleci.

4 Cara merawat pleci saat mabung


1. Pastikan pakan mengandung keratin terpenuhi - pakan yang mengadung keratin sangat lah diperlukan saat pleci mabung, seperti yang telah kita bahas di atas pakan yang mengandung protein tinggi akan merangsang bulu baru lebih cepat. Lalu keratin akan membuat bulu baru mengkilap dan indah hal ini akan menumbuhkan kepercayaan diri burung pleci, karena banyak kasus burung akan macet bunyi setelah mabung diprediksikan karena bulu baru mereka terlihat kusam. ( baca : jenis pakan dan ekstra fooding untuk pleci )

Pakan yang direkomendasikan:
- jangkrik
- telur rebus
- papaya
- belalang kecil

2. Memastikan burung mabung total ( ambrol ) - kenapa hal ini dilakukan? karena kebanyakan burung tidak mabung secara total, burung seperti ini sulit menemukan performa terbaiknya setelah masa nyulam.

Ada trik khusus membuat pleci ambrol yaitu dengan memberikan mereka susu bubuk dan campur dengan voer serta kroto, lakukan hal ini sampai 4-7 hari sampai bulu ambrol baru kita stop memberikan mereka hal ini.

2. Kerodong pleci - pada saat anda menyadari pleci kesayangan mulai merontokan bulu-bulunya pastikan anda mengerodong mereka full jangan sampai ada cahaya masuk, ini dilakukan karena burung tidak memerlukan kandungan yang didapat dari cahaya sinar matahari malah jika tetap dipaksakan dijemur cairan pembungkus kulit memang digunakan burung untuk menumbuhkan bulunya akan mengering dan pecah, jadi pastikan anda hanya menaruh mereka ditempat yang tenang agar mereka dapat istirahat total. Anda juga dapat sedikit membuka kerodong kandang mereka setengah pada hari ke 5 masa mabung.

3. Jangan paksa mereka bunyi - saat fase ini kembali saya ingatkan untuk mengistirahatkan pleci biarkan mereka memulihkan kondisi mereka dahulu, jangan paksa mereka untuk berbunyi misalnya dengan pemberian pakan yang berpotensi meningkatkan birahi atau multivitamin. Banyak orang juga masih saja memasterkan pleci dengan pancingan suara pleci betina ataupun isian dari suara pleci lain. ( download suara pleci betina untuk pancingan jantan disini )

4. Jangan memandikan pleci - hal ini bisa dilakukan atau tidak, karena banyak para master tetap memandikan pleci saat mabung, tetapi perlu diingat pada proses perontokan bulu burung tidak butuh diberikan air karena hal ini akan menghambat proses perontokan. Mandikan pleci saat mereka menumbuhkan bulu mereka bukan disaat perontokan bulu.
Sekian artikel ini semoga bermanfaat.


1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete